Install Oracle SQL Developer di Ubuntu

Nice article, it’s work like a charm in my Ubuntu 😉

~:Catatan Belajar MazHel:~


pertama kali anda install Oracle-nya dulu dong.. saya pake Oracle 10g XE yang gratis.. 😀 lumayan untuk belajar ini sudah lebih dari cukup..

kemudian download SQL Developer disini. disini ada 2 pilihan yaitu versi RPM dan ZIP, karena malas recompile RPM ke DEB maka saya download yang ZIP aja (versi portable).
baiklah jika sudah di download maka extract sqldeveloper-2.1.0.63.73-no-jre.zip ke /opt.
setelah itu yang harus dilakukan adalah mengkonfigurasi path java untuk SQL Developer dengan cara berikut ini :
1. sudo gedit /opt/sqldeveloper/sqldeveloper/bin/sqldeveloper.conf
2. rubah SetJavaHome ../../jdk menjadi SetJavaHome /usr/lib/jvm/java-6-sun/ lalu save.

View original post 39 more words

JQuery DatePicker minDate() and maxDate()

Hello friends, long time no post(s). Ga berasa udah ramadhan lagi aja sekarang.  Selamat menjalankan ibadah shaum di bulan ramadhan ini ya?! Mohon maaf lahir dan bathin kalo banyak ada salah.

Oia, pernah ga sih kalian dapet case seperti ini : pertama kita pick/pilih tanggal 10-03-2013 di field pertama, kemudian di field kedua ada beberapa syarat dan ketentuan tertentu, misal sebelum tanggal 10-03-2013 tidak dapat dipick/pilih, yang boleh dipilih hanya 3 hari kedepan dan  setelah tanggal 13-03-2013 tidak dapat dipick/pilih lagi. Haaaa >:D Ribet juga sih sebenernya, tapi ternyata si datepicker udah nyediain hal-hal untuk semacam ini *tepuk tangan.

Pertama-tama kita buat inputannya dulu dengan html

<div>
	<p id="starDate">Start Date: 	<input type="text" class="startDate" /></p>
	<p id="endDate">End Date: <input type="text" class="endDate" /></p>
</div>

Karena inputan keduanya mau saya ilangin sementara, maka saya tambahin css dikit 😀

	#endDate{
		display: none;
	};

Nah disini nih yang paling pentingnya, DatePicker! *yes

$(function() {
		$( ".startDate" ).datepicker({
			changeMonth: true,
        	changeYear: true,
			onClose: function(){
				$("#endDate").show("slow");
				$(".endDate").datepicker("option","minDate","today");
				$(".endDate").datepicker("option","maxDate",2);
			}
		});

		$(".endDate").datepicker();
	});

untuk demo nya bisa dilihat disini gan: http://jsfiddle.net/aginanjarm/ypwY7/3/

😀